Humas Banjarbaru, Selasa (7- Mei -2013) Walikota Banjarbaru H. M. Ruzaidin Noor di dampingi Sekdako Banjarbaru Dr. H. Syahriani, M,Si serta segenap pejabat Pemerintah Kota Banjarbaru Menghadiri kegiatan RAKERNAS APEKSI ke IX,   juga di hadiri oleh Walikota seluruh Indonesia juga berserta stafnya dalam agenda Acara Rapat Kerja Nasional Apeksi (RAKERNAS APEKSI) ke IX dan  dibuka langsung oleh Mentri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang dilaksanakan selama dua Hari pada Hari Selasa tanggal 7 s/d 8 Mei 2013 bertempat di Swis-Belhotel Danum dengan tema: Mewujudkan Pemerintahan Kota yang bersih, Transparan dan Akuntabel.

Walikota Palangkaraya H. M. Riban Satia mengucapkan selamat datang kepada Mentri Dalam Negeri, Deputi Menpan & RB, Perwakilan dari KPK, Gubernur KalTeng beserta Bupati Se KalTeng, FKPD KalTeng dan kepada seluruh Walikota Se Indonesia beserta jajarannya yang datang di Kota Palangkaraya untuk mengikuti RAKERNAS APEKSI ke IX di Kota Cantik Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila Kota Palngkaraya, Walikota juga menjelaskan ada 87 Kota yang hadir sebagai peserta dari 97  Kota di Indonesia, aka nada Pawai Budaya dari peserta RAKERNAS APEKSI dan penanaman pohon serta menyaksikan pembukaan City Expo Kota Palangkaraya.

Walikota Menado selaku Ketua APEKSI mengatakan RAKERNAS ini sangatlah penting unuk menuju Pemerintahan yang bersih, transparan dan akutabel, kegiatan ini juga rutin di adakan tiap tahun di Kota yang ditunjuk sebagai penyelenggara dengan harapan agar dapat  membebaskan pemerintah dari budaya korupsi , forum ini  menjadi ajang pertemuan pemerintah daerah dengan  pemerintah pusat dan dapat mengeluarkan rekomendasi  yang berguna dan akan disampaikan ke pemerintah pusat demi tercapainya pemerintahan yang bersih transparan dan akuntabel dengan system birokrasi yang baik.

Gubernur Kalimantan Tengah Bpk Teras Narang selama 8 tahun kepemimpinan meneruskan visi dan misi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng Khususnya, dan dalam rangka menuju pemerintahan yang bersih itu Kabupaten dan Kota se-Kalimantan tengah telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dan juga terus melakukan perbaikan  tata pemerintahan.

sebelum Gamawan Fauzi memberikan sambutan, Beliau menyerahkan  penghargaan dan e-ktp kepada Gubenur Kalteng .” Dari 97 Kota seluruh Indonesia peserta Apeksi yg hadir 87 kota,dimana kota Palangka Raya yang pernah disebut Bung Karno sebagai Ibukota RI saat ini adalah kota yang termasuk pertumbuhan percepatan pembangunannya yang pesat “ujarnya. Ada empat hal yang penting dalam pembangunan perkotaan yaitu penyeimbangan pertumbuhan antar kota metropolitan, besar, menengah dan kecil, pengendalian pertumbuhan di kota-kota besar dan metropolitan, percepatan pembangunan kota-kota kecil dan menengah terutama diluar pulau jawa.dan peningkatan keterkaitan kegiatan ekonomi diwilayah perkotaan dan perdesaan.(Upik HMS Pemko Bjb)