Sebagai salah satu model pembangunan, di mana pembangunan memiliki tujuan yang bersifat multidimensional yang mencakup aspek pertumbuhan (growth), keadilan atau pemerataan (equity), keberlanjutan (sustainability), kemiskinan/kelaparan (poverty/hunger), serta kerentanan (vulnerability) (FAO, 2009). Berdasarkan tujuan tersebut, nampak bahwa KRPL masih berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga dan untuk mengatasi kekurangan pangan.

Belum secara tegas dikemukakan mana tujuan pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan, keadilan atau pemerataan, keberlanjutan, kemiskinan, serta kerentanan. Pembangunan dengan basis rumah tangga sangat penting terutama dalam hal penyediaan bahan pangan untuk penduduk, mengurangi pengangguran dan kemiskinan, serta penyedia bahan baku industri skala kecil atau industri rumah tangga.

Oleh karena itu, rumah tangga merupakan salah satu sasaran untuk masuknya berbagai program yang ditujukan untuk mendukung ketahanan pangan. Sasaran yang ingin dicapai dari Program KRPL adalah berkembangnya kemampuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari, menuju keluarga dan masyarakat yang sejahtera, terwujudnya diversifikasi pangan, dan pelestarian tanaman pangan lokal. Dengan demikian sasaran yang ingin dicapai telah mencakup kemampuan keluarga, baik dari aspek ekonomi, maupun aspek sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara lestari. Namun belum diungkapkan secara jelas kelompok masyarakat seperti apa yang akan menjadi sasaran Program Pengembangan KRPL.

Untuk memonitioring  dan mengevaluasi Program Pengembangan KRPL di Seluruh Indonesia Tim Kantor Staf Presiden melakukan Kunjungan ke Kelompok Tani Wanita Sri Rezeki di Kelurahan landasan Ulin Utara Kota Banjarbaru Rabu 31/3/2021 .

Prof Dr Bustanul Ariffin mewakili Deputi III KSP RI beserta Kepala BPTP RI Ir Agung Hendriadi M,Eng  beserta rombongan berkesempatan mengunjungi kelompok Tani Sri rezeki di Kelurahan Landasan Ulin Utara kota banjarbaru yang di sambut oleh Wakil Walikota Banjarbaru Wartono , Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Ny Hj Vivie Zubedi Aditya Mufti Arifin ,Kadis ketahanan Pangan Prov Kalimantan Selatan serta Kepala DKP3 Kota Banjarbaru.

Ucapan Selamat datang kepada Deputi III KSP  beserta rombongan di berikan oleh Wakil Walikota Banjarbaru Suyono SE, merupakan suatu kehormatan bagi kami warga banjarbaru atas kunjugan KSP RI tukasnya ,Program KRPL atau P2Lyang memanfaatkan lahan tidur di sekitar perumahan warga bisa di manfaatkan dan behasil enomis yang dapat membantu perekonomian masyarakat ujar nya , program dari pemerintah pusat  sebagai upaya mengedukasi masyarakat  dan mendukung program pemerintah dalam menekan angka stunting .

Semoga lanjutnya program ini kian memacu semangat kelompok penerima manfaat sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, dan di harapkan pula program ini terus berjalan karena dengan mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga dan mendukung pemerintah dalam penanganan lokasi prioritas intervensi penurunan stunting ,tukas nya Pada kesempatan yang sama Kepala Deputi III KSP Bustanul Arifin beserta Kepala BPKP Kementrian pertanian RI Agung Hendriadi melakukan panen seledri dan penanaman bibit cabai di damping Wakil Walikota Banjarbaru, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru  Kadis KP2 Prov Kalsel serta Kepala DKP3 kota Banjarbaru,di lanjut kan dengan peninjauan kelahan pertanian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *