Wakil Walikota Banjarbaru Wartono SE didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah saat menghadiri acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kota Banjarbaru dengan Mitra Kerja, bertempat di Aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru. Kamis (22/4/2021)

Tampak hadir Direktur Pencatatan Sipil Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Ibu Dr Handayani Ningrum, SE M Si, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru Drs. H. Napsiani Samandi, MAP, Unsur Forkopimda Banjarbaru serta Kepala Dinas Disdukcapil Banjarbaru Dra. Sri Fatma Karmailita, MM, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hj Rahmah Khairita.

Acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kota Banjarbaru dengan Mitra Kerja meliputi 3 naskah terdiri dari : 

  1. Kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Banjarbaru dengan Kejaksaan Negeri Banjarbaru, Pengadilan Negeri Banjarbaru, Pengadilan Agama Banjarbaru, dan PT TASPEN (Persero) tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banjarbaru.
  2. Kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Banjarbaru denganPT POS Indonesia (Persero) Regional IX Banjarbaru 70704  dan Usaha Mikro Kecil Jasa Pengiriman Amang Kurir (AKUR) Banjarbaru tentang Pengiriman Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  3. Kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Banjarbaru dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin tentang kerjasama Perencanaan, Pengembangan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, penandatanganan disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE dihadapan hadirin yang hadir.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE dalam sambutanya mengatakan hakikat pelayanan publik adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat, Mal Pelayanan Publik (MPP) harus mampu memadukan sebuah pelayanan dengan teknologi untuk percepatan pelayanan, akurasi pelayanan, serta fleksibilitas kerja sebagaimana tujuan dari dibentuknya Mal Pelayanan Publik (MPP) itu sendiri.

Setelah giat penandatanganan acara dilanjutkan dengan peninjauan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banjarbaru, pada kesempatan itu dilakukan launchig peluncuran Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) adalah mesin pencetakan dokumen kependudukan, bentuknya tak ubahnya mesin ATM, dengan hadirnya mesin ADM Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE berharap masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan dapat langsung mengurus secara online dan  mencetaknya sendiri melalui mesin ADM yang tersedia, sehingga pelayanan administrasi kependudukan di Kota Banjarbaru semakin cepat dan mudah.

Pada kesempatan Terpisah Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin menyampaikan bahwa launching ADM adalah bentuk komitmen dari Pemerintah Kota untuk memberikan layanan terbaik kepada Masyarakat Kota Banjarbaru, dan upaya upaya konkrit pengembangan pelayanan pada MPP. Saya berharap agar mesin ADM bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Banjarbaru, dan ini adalah salah satu kado bagi ulang tahun Kota Banjarbaru yg ke 22, ucap Aditya Mufti Ariffin.

Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktur Pencatatan Sipil Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Ibu Dr Handayani Ningrum, SE M Si atas segala bantuan komitmen dari Pemerintah Pusat yang ikut membantu terselenggaranya layanan ADM ini, karena layanan ini yang pertama di Kalimantan Selatan dan menjadi kebanggan kita bersama, saya juga ingin menyampailkan rasa terima kasih dan bangga kepada Dinas Dukcapil Banjarbaru dibawah kepemimpinan Ibu Fatma Kartini masa kini, telah berbuat terbaik bagi Kota Banjarbaru dan memberikan warna pelayanan yang inovatif bagi warga Kota Banjarbaru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *