Banjarbaru Kamis (23 Oktober 2014) Walikota Banjarbaru H M Ruzaidin Noor didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Hartati Ruzaidin Noor serta Wakil Walikota Banjarbaru H Ogi Fajar Nuzuli, saat acara Penilaian lomba P2WKSS & GSI TK Prov Kalsel tahun 2014 di Aula Kelurahan Sei Besar Kecamatan Banjarbaru Selatan. Tampak hadir juga Ketua Tim penilai Dra Hj Heriaty MM Kepala BP3A Provinsi Kalsel beserta rombongan, juga tampak Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan & KB Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa Kencana serta Camat Banjarbaru Selatan dan Lurah Sei Besar.

Lurah Sei Besar Rifani Mengucapkan selamat datang kepada Tim penilai beserta rombongan juga kepada Walikota Banjarbaru yang telah berhadir di Kelurahan Sei Besar pada acara penilaian P2WKSS tngkat Provinsi Kalsel.

Walikota Banjarbaru H M Ruzaidin Noor mengatakan bahwa pada dasarnya, hakekat pembangunan dilaksanakan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia, tanpa membedakan suku bangsa, agama dan jenis kelamin. Ini berarti pembangunan diharapkan dapat mewujudkan peningkatan kualitas hidup manusia baik laki-laki ataupun perempuan.Untuk itu perempuan harus diberi kesempatan untuk mengembangkan potensinya sama seperti laki-laki. Karena potensi perempuan merupakan aset besar bagi pembangunan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan peran perempuan adalah melalui program terpadu P2WKSS (Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera), yaitu program peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan, secara terkoordinasi, dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan adalah melalui Gerakan Sayang Ibu (GSI)yaitu suatu gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan perbaikan kualitas hidup perempuan. Program P2WKSS maupun GSI, diharapkan dapat memotivasi perempuan untuk turut berperan dalam kemajuan negara dengan cara membangun dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki sebagai modal penting untuk menggerakkan segala aspek, yang pada intinya sangat berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bahkan bangsa dan negara.Perlu diingat, peran perempuan sangat besar karena dibalik kesuksesan seseorang tentu ada perempuan hebat dibelakangnya. Kelurahan Sungai Besar mewakili Kota Banjarbaru pada lomba P2WKSS di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. dan untuk lomba GSI akan diwakili oleh Kecamatan Landasan Ulin. Walikota yakin, seluruh jajaran Kelurahan Sungai Besar maupun Kecamatan Landasan Ulin sudah melakukan persiapan yang diperlukan untuk penilaian pada hari ini.

Walikota mengharapkan tidak hanya sebatas pada hasil pencapaian lomba. Tapi lebih kepada tepat sasarannya program P2WKSS maupun GSI bagi masyarakat. Untuk itu program P2WKSS dan GSI jangan hanya bersifat sementara ataupun hanya menjadi seremoni belaka. semoga penilaian pada hari ini dapat berjalan dengan lancar dan dengan penilaian ini kami dapat mengevaluasi program P2WKSS dan GSI yang telah berjalan di Kota Banjarbaru. Sehingga bila dianggap berhasil kami dapat mempertahankan dan mengambangankannya, dan bila dianggap belum berhasil kami akan mencari penyebab dan solusinya. hasil penilaian pada hari ini tentunya akan menjadi masukan berharga bagi kami untuk melaksanakan P2WKSSdan GSI yang lebih baik.

Ketua Tim penilai Dra Hj Heriaty MM Kepala BP3A Provinsi Kalsel menyampaikan bahwa peranan wanita sangatlah penting dalam menunjang pembangunan dengan harapan agar peran wanita juga bisa menambah penghasilan untuk keluarga dengan berusaha mandiri, mengembangkan keterampilan yang telah didapat dikembangkan lagi. (Upik Hms Pemko Bjb) oviek.gagah@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.