Banjarbaru Jum’at (31 Oktober 2014) sambil menunggu kedatangan Kloter V Jamaah haji Banjarbaru dan Batola Walikota Banjarbaru H M Ruzaidin Noor dan Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah terlebih dahulu melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Syahrazza Muhtadin Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru. Tampak hadir pula Kepala Kanwil Kemenag Kalsel dan Kepala Kemenag Banjarbaru pada penjemputan jamaah haji tersebut.

Panitia Haji mengatakan bahwa jumlah jamaah haji kloter V sebanyak 325 orang waktu berangkat namun sewaktu kembali hanya berjumlah 323, itu dikarenakan ada satu orang jamaah yang meninggal dunia yaitu Hj Samaiyah umur 54 tahun jamaah haji asal Batola dan satu orang lagi terpaksa dipulangkan lebih awal karena sakit.

Walikota Banjarbaru H M Ruzaidin Noor mengatakan kepada para jamaah haji bahwa bapak dan ibu baru saja selesai menunaikan rukun islam yang kelima. Tentunya setelah selesai menunaikan ibadah haji, hal yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga kelestarian kemabruran haji agar terwujud dalam bentuk kepribadian maupun dalam bentuk amaliyah. Yang pada akhirnya dapat terimplementasi dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu perlu diingat, bapak ibu sekarang telah menyandang predikat haji. Berdasarkan budaya bangsa kita, masyarakat yang menyandang predikat ini sering dianggap sebagai masyarakat “plus”, baik secara akhlak, moril maupun materiil. Karena itulah diharapkan, predikat haji yang di sandang ini dapat lebih memantapkan dan memotivasi bapak ibu dalam meningkatkan kadar keimanan kepada Allah subhanahu wata’ala. jadikan ibadah haji yang baru saja selesai bapak ibu laksanakan sebagai momentum awal hijrahnya bapak ibu untuk dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jadikan hal ini sebagai modal bagi perubahan menuju nilai-nilai islami dan Qur’anidi banua Kalimantan. (Upik Hms Pemko Bjb) oviek.gagah@gmail.com

Leave a comment

Your email address will not be published.